Kamis, 19 Juni 2014

Kehormatan Memberi, Dari Pada Meminta


Tangan diatas lebih baik daripada tangan di bawah (hadits Nabi). 

Makna yang dikandung hadits itu sangat dalam, yaitu Nabi mengajarkan umatnya untuk membiasakan diri untuk memberi. Namun sebaliknya juga Nabi mengajarkan umatnya tak suka meminta untuk diberi.



Ajaran Islam itu mengajarkan agar umat menjaga harga diri dan kerhomatan untuk berpantang dari  bergantung pada orang lain, apa lagi kalau sampai meminta- minta dan mengemis di jalanan.

Islam lebih menghargai orang yang berusaha, meskipun sangat kecil hasilnya, dan sangat berat bebanya. Menjaga harga diri diutamakan dalam Islam, sedangkan merendahkan diri dilarang dalam Islam.

Kadang kita diberi tugas oleh tuhan sebagai 'jalan rejeki' untuk orang lain. Kita diberi keluasan dan kelancaran rejeki yang luar biasa, dan hati kita digerakan untuk selalu meringankan beban orang lain. Betapa bahagianya kita kalau berada dalam posisi ini.

Tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah. Memberi lebih mulia dari pada meminta. Apapun alasannya, apapun situasinya, kita harus selalu menempatkan tangan kita diatas. Tuhan pasti memberi kemudahan dan jalan keluar yang tidak disangka-sangka, asal kita bertakwa dan percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Hanya kepada Allah lah kita harus merendahkan diri. Karena hanyat dia Dzat Yang Maha Besar. Maha Utama Dalam Segala. Adalah sudah sepantasnya bahwa iyyaaka na'budu waiyyaaka nasta'in ; hanya kepada Engkau (duhai Allah) kami menyembah dan hanya kepada Engkau pula(YaaRobb) kami memohon pertolongan. Hanya Allah satu-satunya tempat bergantung, tempat meminta-minta kita, dan tempat mengemis-ngemis kita.

"Aku cinta orang kaya yang dermawan, tapi aku lebih cinta orang miskin yang dermawan. Aku benci orang kaya yang sombong, tapi aku lebih benci kepada orang miskin yang sombong"  begitu firman tuhan dalam hadits qudsi-Nya.

Semoga kita mampu memelihara ahlak kita, bahwa tangan diatas lebih mulia dari pada tangan dibawah.

Dan menjelang pilpres nanti, semoga saja Tuhan memberi kita pemimpin yang amanah, cinta akan Al-quran, yang mengajarkan kita untuk lebih bermatabat, dan menjaga harga diri kita... Amiinn.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar