Minggu, 13 April 2014

Tauhid, Ibadah, Dan Sabar

Khas orang Indonesia adalah suka ngutang. Kran utang udah jadi konsumsi di Indonesia. Gampangnya minta ampun, bahkan cuma modal tanda tangan doang, barang yang kita inginkan ada dirumah kita. Giliran buat produksi, buat dagang susah.

Situasi ini semakin memperparah tauhid kita. Karena sandarannya jadi hutang. Hilang juga sabarnya. Ngak sabar kalau pengen sesuatu.

Bahasa saya kekawan-kawan diriyadhin dulu kalau pengen seseuatu, dimunajatin, dibawa kedoa, dan disabarin. Jadi ngak laku jalan utang yang instan seperti utang yang terbuka. Yang bahkan menghilangkan perhitungan akal sehat.

Seorang satpam yang punya gaji satu juta, punya kridet motor yang juga satu juta itukan masalah namanya.

Tauhid, ada hubungannya dengan ibadah dan sabar

Andai kita boleh menyebut soal dunia sebagai bagian hadiah dari Allah, buat mereka yang ibadah, dan dengan jalan sabar juga kita minta tolong ke Allah, maka tauhid ini dekat sekali dengan ibadah dan sabar. Boleh dibilang, agar tauhidnya bagus, perlu ibadah dan perlu sabar. Makin bagus sabarnya, makin bagus ibadahnya, maka makin bagus tauhidnya.

Mau apa saja, ibadah sama sabarnya harus kudu bagus, nanti menunjukan bagus tidaknya tauhidnya. Tidak bergantung sama yang selain Allah. Pun hati-hati jangan pula bergantung dengan ibadah,sama amal, ngak boleh juga. Gampang kok, jangan kecewa dengan ibadah dan amal, bila keinginan kita belum terkabul. Insya Allah menunjukan ibadah ya ibadah, amal ya amal, bukan tuhan.

Pakei contoh kale ya?

Pengen mobil nieh, tancap aja dulu ibadah yang benar, toh ada hak untuk berdoa. Doa apa saja, termasuk berdoa pengen punya mobil. Biar aja Allah yang carikan jalan dulu kagak usah kita yang nyari jalan sendiri. Umpama harus berhutang,berhutanglah setelah minta petunjuk dengan Allah. Berhutanglah setelah berdoa dengan Allah. Supaya Allah juga urus utang kita. Jangan sampai udah mentok baru minta sama Allah.

Entengin dulu ibadah, asyikin dulu berdoa, ini aja namanya udah sabar.
Biasanya nie mobil udah dijamin sama Allah, hajat dunia itu kecil kok buat mereka yang mau sabar dan beribadah.

Bagusin dulu tuhidnya, dengan ibadah dan sabar. Ntar dikirim apa yang menjadi hajad kita dari Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar