Sabtu, 21 Maret 2015

Berwisata Di Kota Barabai


Barabai, adalah ibu kota kabupaten Hulu Sungai Tengah, provinsi  Kalimantan Selatan. Terletak ditepi sungai Barabai,  dikaki pegunungan Meratus, dan terletak 165 km disebelah utara kota Banjarmasin, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan. Kota ini terkenal dengan makanan Apam Barabai, dan Pakasam yang merupakan makanan khas daerah ini.

Dikota Barabai ini banyak lokasi yang bisa dijadikan objek wisata, baik itu berupa wisata alam, wisata buatan, wisata spritual, wisata sejarah budaya, dan wisata adat.

Diliburan ini saya bersama keluarga akan mengunjungi wisata alam dikota Barabai, ada beberapa tempat wisata yang lokasinya saling berdekatan, yakni lokasi Pagat batu benawa, Taman wisata baruh bunga, pemandian air panas Hantakan, pemandian Manggasang.

Karena kita sampainya kesiangan di kota Barabai, kita hanya sempat mengunjungi dua lokasi wisata, yakni Taman Wisata Baruh Bunga, dan Pemandian Manggasang.

Sebelum menuju kelokasi wisata, kita cari dulu tempat makan  disekitar tempat wisata untuk makan siang. Saya rekomendasikan untuk kawan-kawan yang mau berwisata ditempat ini mencoba rumah makan  Hj. Janai ,yang terletak sekiatar 500meter dari pintu gerbang wisata Pagat Batu Benawa, menu rumah makan ini cukup lengkap dari aneka bakaran dan paisan ikan, serta makanan khas Banjar lainya. Harga makanan ditempat ini harganya juga cukup bersahabat.





Setelah selesai bersantap, kita langsung menuju ke TKP pertama ke Taman Wisata Baruh Bunga. Lokasi ini terletak di Desa Haliau, kec Batu Benawa, Kab. Hulu Sungai Tengah, sekitar 8 km dari kota Barabai.

Wisata alam Baruh Bunga, menawarkan wisata Qutbound yang memanjakan pengunjung dengan berbagai wahana, antara lain : Fun Rafting, Flaying Fox mini, Flaying Fox River, High Rope Monkey, High Rope Bambu, Spider Web, Titian Tali Satu, mini ATV, dan berbagai macam fun games.





Segala kegiatan ditempat ini dilakukan berdasarkan prosedur standar keamanan yang menjamin keselamatan pengunjung, dan peserta Qutbund akan didampingi oleh trainer yang berpengalaman dibidangnya. Baruh Bunga juga dilengkapi dengan fasilitas Camping Ground, Pendopo, Mushala, serta fasilitas MCK.

Dan melengkapi fasilitasnya, Taman Wisata  Baruh Bunga juga terdapat Water Park Baruh Bunga.




Dari Taman Wisata Baruh Bunga, kita melanjutkan untuk merapat ke TKP 2, objek pemandian Manggasang.

Objek wisata Manggasang ini dikelola masyarakat setempat. Lokasinya  berada ditepi jalan raya dan sangat mudah diakses, untuk masuk kelokasi ini kita diminta biaya masuk sebesar Rp. 10000.  Objek ini menawarkan sungai yang dipenuhi bebatuan besar, air sungainya cukup jernih dan dangkal, sangat cocok untuk mandi bersama keluarga.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar