Minggu, 20 April 2014

Cinta Segitiga: Tuhan-Malaikat-Doa Malam

"Detik-detik malam itu sangat berharga. Maka, janganlah kamu menyia- nyiakannya dengan kelalaian." (Imam Hasan Al-Banna) 

Ibnu Abas ra. Meriwayatkan, suatu ketika beliau berada dalam suatu majelis bersama Rasulullah saw. Lalu masuklah Ali ra. Dan bertanya, ya nabi Allah! Engkau lebih saya cintai dari pada bapak dan ibuku. Saya telah mencoba menghapal Al-Qur'an, tetapi tidak bisa selalu hilang dari igatanku.

Rasullulah lalu bersabda"maukah kamu saya beritahukan satu cara yang dapat memberi mamfaat kepadamu dan juga mereka yang kamu ajarkan? Atas permintaan Ali beliau bersabda," pada malam jum'at bangunlah pada ahir malam, karena ahir malam ini adalah saat yang paling baik, ketika itu para malaikat turun dan do'a-do'a dikabulkan. Bagian malam inilah yang ditunggu- tunggu nabi Ya'kub as. dan memberitahu putra-putranya, beliau akan berdo'a kepada Allah untuk ampunan mereka. Sekiranya sukar untuk bangun pada ahir malam, dan sekiranya masih sukar, maka shalatlah empat pada permulaan malam. Setelah membaca surah Al-Fatihah pada setiap rakaat, bacalah surah Yasin pada rakaat pertama, surah Al-Dukhan pada rakaat kedua, surah Alif Lam Min Sajadah pada rakaat ketiga, surah Al-Mulk pada rakaat keempat. Setelah menyempurnakan tahiyat ahir hendaknya berjikir, dan memuji Allah sebanyak-banyaknya, memberi salam dan memohon rahmat untukku dan kepada seluruh nabi-nabi  dan memohon keampunnan kepada seluruh saudara-saudara umat muslimin dan muslimat yang telah meninggal dunia sebelum kamu, beristigfar dan kemudian berdo'a.

Ulangilah amalan ini selama, tiga,lima, atau tujuh Jumat. Insya Allah doa kamu akan diperkenankan. Saya bersumpah atas nama-Nya yang menjadikan saya Nabi, doa setiap orang yang beriman tidak akan dibiarkan tanpa dikabulkan, kata Rasullulah kepada Ali ra.

Ibnu Abas ra. menceritakan,  setelah lima atau tujuh jumat kemudian, Ali ra. datang kembali menemui Rasullulah saw. dan berkata, " dulu saya belajar lebih kurang empat ayat, tetapi tidak bisa mengingatnya. Sekarang saya belajar empat puluh ayat sehari dan bisa mengingatnya dengan mudah seolah-olah Al-Qur'an dibuka didepanku. Dahulu apabila saya mendengar sebuah hadist kemudian mengulanginya, tetapi saya tidak bisa mengingatnya. Sekarang saya mendengar banyak hadist dan langsung mengingatnya."

Ternyata sahabat sehebat Ali ra. yang dijuluki "pintu ilmunya Rasullulah"  saja pernah mengalami kesulitan dalam menghapal Al-Qur'an dan hal itu diadukannya pada Rasullulah . Setelah mendengar keluhan Ali Rasullulah mengajurkan pada Ali agar berdoa  diwaktu ahir malam, karena di saat itu saat turunnya malaikat. Alipun  melakukan ajuran Rasullulah, ahirnya doanya Ali ra. dikabulkan oleh Allah.

Itulah kelebihan malam dibandingkan waktu yang lain. Malam merupakan ladang turunnya malaikat yang selalu menyaksikan, mendengarkan, memohonkan, serta menyampaikan permohonan atau doa seorang hamba yang rajin dengan sungguh-sungguh tatkala sebagian besar hamba terbuai dalam lelap tidur.

Disinilah fungsinya malaikat turun dimalam ahir. Ia akan menyampaikan setiap doa para hamba-Nya.

"Sesungguhnya bangun diwaktu malam itu, lebih tepat (untuk khusyuk), dan bacaan diwaktu itu lebih berkesan." ( Qs. Al-Muzzammil(73):6)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar