Minggu, 28 November 2010

SEMBOYAN DAN ARTI LAMBANG PONCO MOYO BANYU MATARAM




Semboyan Ponco Moyo Banyu Mataram

" MENANG TANPO TANDING, NGALAHKE TANPO NGAROSAKE, PUNJUL ING APAPAK MANJING TAN ABOLONG, ORA BUTUH REWANG ORA BUTUH MUNGSUH, BUTUH BECIK SEJATINYA BECIK"

MENANG TANPO TANDING

Mempunyai kemampuan,kekuatan,serta daya linuwih yang bermanfaat bagi orang lain (kehidupan lain) serta bisa menjaga keharmonisan alam semesta.

NGALAHKE TANPO NGAROSAKE

Mempunyai kecerdasan kearifan, sehingga ucapan tindakan tidak pernah menyakiti orang lain dalam arti ditakuti tapi disenangi.

PUNJUL ING APAPAK

Mempunyai akal sehingga hidupnya bisa menciptakan sesuatu yang bisa bermanfaat (kepentingan) orang lain.

MANJING TAN ABOLONG

Hidupnya sudah mencapai ajur ajar bisa menerima dalam segala hal (mencolo putra mencolo putri)

ORA BUTUH REWANG ORA BUTUH MUSUH

Arah tujuan hidup sudah paham bagaikan sungai mengalir dengan arah tujuan kelaut.

BUTUH BECIK SEJATINYA BECIK

Hidup selalu berpegang dalam kebenaran yang hak, tentang: pengertian, pemikiran,ucapan, perbuatan,pencarian nafkah,daya upaya, meditasi, menembah (sembahyang) dengan benar.

MAKNA LAMBANG PONCO MOYO
8 Bintang : Ketuhanan
9 Hati : Cinta Kasih
10 Anak Panah : Arah Tujuan
11 Busur : Kekuatan
12 Padi Dan Kapas : Nafsu
13 Simpul Pita : Pengendalian
14 Sinar 15 : Kesempurnaan PM

PONCO MOYO

Lima unsur yang tidak terlihat bisa diterima oleh panca indra lewat rasa.

JADWAL KEGIATAN PONCO MOYO

Harian

Sekretariat selalu terbuka selama 24 jam untuk menerima tamu yang hendak berkunjung dan memperdalam ilmu Banyu Mataram secara lebih leluasa dan pribadi. Pembina selalu memberikan keweruh dan nasehat- nasehat yang berguna bagi para anggotanya agar memahami dengan benar Ilmu Banyu Mataram dan prolematika lainnya. Banyak juga pasien-pasien yang datang silih berganti untuk terapi disekretariat & klinik.

MINGGUAN

Malam Rabu

Digunakan untuk latihan khusus terapi pasien, Fisioterapi dan pengetahuan tentang terapi dan kesehatan

Malam Jum'at

Ada beberapa acara rutin yaitu do'a bersama, senam pernapasan kaweruh ilmu Banyu Mataram. Disamping acar pokok tersebut malal Jum'at sering kali menjadi malam pilihan untuk melakukan bukaan atau proses penyatuan unsur.

BULANAN

Malam Jum'at Kliwon

Digunakan untuk pertemuan seluruh anggota, dan seluruh tingkatan untuk bertukar pikiran, diskusi, dan pemaparan kaweruh secara umum. Mulai tingkatan Rogo,Roso, hingga tingkatan Cipto. Seringkali malam Jum'at Kliwon dijadikan ajang tanya jawab.

Malam Jum'at Pahing

Merupakan malam khusus bagi para anggota yang telah mencapai tingkat KS atau kasampurnan.

Malam 14,15, dan 16 Bulan Purnama

Merupakan malam khusus bagi anggota, untuk melakukan latihan bagi diri sendiri, demi terbinanya TEGUH HAYUNING ROGO LAN SUKMO. Tiga malam berturut-turut melakukan ritual & meditasi untuk menjalin keharmonisan dengan alam semesta pada saat Corona bulan terpancardari pantulan sinar matahari. Kegiatan ini disebut dengan Meditasi Purnama Jati.

Malam Rabu minggu ketiga.

Adalah pertemuan rutin bagi pengurus, untuk pembahasan program-program dan aktifitas organisasi.

Tahunan.

Bulan Sura/Muharam

Bulan ini seringkali digunakan khusus bagi pengambilan rangkain KS, yang dilakukan selama 25 hari menjalani laku tertentu.

Bulan Ruwah.

Merupakan bulan untuk melakukan Ziarah ke makam para sesepuh baik yang berada di Yogyakarta, maupun lain daerah seperti Wali Songo.

Bulan Syawal.

Saat semua anggota berkumpul beserta keluarga untuk bersilahturahmi.

Program yang dilakukan secara acak tanpa ikatan waktu.

TUMPENG KENCONO.

Merupakan kegiatan do'a, dan meditasi untuk memenuhi hajat dan keinginan shohibul bait. Tumpeng Kencono berkenaan dengan tujuan keluarga seperti hajat pernikahan, sunatan, 7 bulanan, buka usaha, penyelarasan alam semesta, Dll.

STUDY BANDING.

Berkunjung keperguruan lain yang memiliki visi dan misi yang sama, dimasudkan untuk persaudaraan dan menambah pengetahuan seperti keberapa biksu, master reike, ahli jamu tradisional dan lain sebagainya.

Aksi Sosial

merupakan kegiatan meningkatkan kepedulian sesama, seperti membuka posko bencana Gunung Merapi, terapi masal, dan kegiatan bakti sosial lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar