Kamis, 03 Juli 2014

Amalan Doa Selama Bulan Rahmadhan



Alhamdulilah bulan Rahmadhan kembali kita jumpai, pertanda Allah masih memberikan kesempatan kita untuk memperbaiki dan membersihkan diri dari segala dosa dan khilaf yang telah dilakukan sebelumnya. Begitu banyak orang tua kita, saudara-saudara kita, kawan kita, sahabat kita,  orang-orang terdekat kita yang ditahun kemaren masih berpuasa bersama kita, sekarang sudah tidak ada lagi karena sudah dipanggil Yang Maha Kuasa.


Selain kewajiban kita untuk berpuasa, sebaiknya kita juga melakukan ibadah-ibadah sunah lainnya, seperti shalat tarawih, shalat tahajut di penghujung malam, membaca Al-Quran, berzikir mengingat Allah, shalat Dhuha, bersedekah, dan amalan-amalan sunah lainnya.

Saat ibadah puasa ada amalan doa-doa yang sangat diajurkan untuk dibaca ketika di bulan Rahmadhan.
Amalan doa-doa tersebut adalah ;


  1. Doa yang dibaca hari ke 1 sampai hari ke 10 di bulan Rahmadhan.                                                   Allahummar Hamni Birahmatika ya ar Hammarrahimin                                                        artinya; Ya Allah, kasih sayangilah hamba, dengan Rahmat-Mu, wahai Tuhan Yang Maha Kasih Sayang.                 
  2. Doa yang dibaca hari ke 11 sampai hari ke 20  di bulan Rahmadhan .                                             Allahummagfirli Zunnubi Ya Rabbal Alamin                                                                             artinya; Ya Allah, ampunilah dosa-dosa hamba, wahai Tuhan Seru sekalian Alam.
  3. Doa yang dibaca hari ke 21 sampai hari ke 30 di bulan Rahmadhan,                                          Allahumag Tikni Minannar Waadhilnil Zannata Birahmatikaya Ya Arhammar Rahimin     artinya; Ya Allah lepaskanlah hamba dari siksa api neraka, dan masukanlah hamba kedalam surga dengan rahmat-Mu wahai Tuhan Yang Maha Kasih Sayang.                  


Semoga kita semua dapat memperoleh keberkahan di bulan Rahmadhan tahun ini, sebagai bekal kita menjalani kehidupan disisa umur kita. Amiin.                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar