Jumat, 15 Agustus 2014

Keutamaan Duduk Di Majelis Ilmu


1. Diampuni dosanya oleh Allah

Rasullulah bersabda ;

"Tidaklah duduk suatu kaum, kemudian mereka berzikir kepada Allah dalam duduknya, hingga mereka berdiri, melainkan dikatakan oleh (malaikat) kepada mereka : berdirilah kalian sesungguhnya Allah telah mengampuni dosa-dosa kalian dan keburukan kalian telah diganti dengan kebaikan." (HR ath-Thabrani)

2. Diberi pahala seperti orang yang mengerjakan haji dengan sempurna.

Rasullulah bersabda ;

"Barang siapa yang pergi kemasjid, tidaklah diinginkannya ( untuk pergi kemasjid) kecuali untuk mempelajari kebaikan atau mengajarkan kebaikan. Maka baginya pahala seperti orang yang mengerjakan haji dengan sempurna."



 

3.Dimudahkan Allah untuk menuju jalan ke surga.

Rasullulah bersabda;

"Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah memudahkan untuknya jalan untuk ke surga."  (HR.Muslim dan lainnya)


4. Dikabulkan doa-doa yang dipanjatkan didalam majelis.

Allah berfirman ; "sungguh Aku telah mengampuni mereka. Dan Aku telah berikan apa yang mereka pinta dan Aku lindungi mereka dari apa yang mereka pinta untuk berlindung kepada-Ku.," (HR. Muslim)


5. Diridhai Malaikat.


Rasullulah bersabda;

" Sungguh para malaikat merendahkan sayapnya, sebagai keridhaan kepada para penuntut ilmu".  ( HR. Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Maajah, dan sebagainya).


6. Disebut-sebut Allah dan dibanggakan dihadapan  malaikat-malaikatnya.


Rasullulah bersabda;

" Tidaklah ada suatu kaum yang duduk untuk berzikir kepada Allah melainkan para malaikat akan meliputi mereka, dan rahmat akan menyeliputi mereka, dan akan turun ketenangan, dan Allah akan menyebut mereka kepada malaikat yang ada disisinya".  (HR. Muslim)

Dalam riwayat yang lain;

Sesungguhnya Allah Azza Wajalla membanggakan kalian kaum yang duduk dalam suatu majelis) dihadapan para malaikat. (HR. Muslim)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar