Kamis, 02 Desember 2010

BUAT APA ZIKIR?

Zikir adalah amal yang paling mudah untuk dilakukan. Tetapi bukan berarti nilainya rendah disisi Allah. Bahkan zikir tidak kalah utama dibandingkan bersedekah dan berjihad. Selain itu, tidak sebagaimana amalan wajib, zikir tidak dibatasi jumlahnya. kita bisa berzikir sebanyak- banyaknya selagi mampu.

Zikir adalah jalan menuju Allah. Sebab dengan berzikir, lidah dan hati tidak hanya diam, tapi sibuk mendendangkan cinta kepada Allah. Sebab jika hati tidak disibukan cinta kepada Allah, maka Ia akan sibuk mencintai mahluk. Na'udzu billah!. Bahkan, dalam perspektif ajaran Islam, Zikir merupakan asas bagi amal saleh. Barang siapa yang mengamalkannya dengan tekun,istiqamah, dan penuh keikhlasan sesuai petunjuk Rasullulah, Ia akan menjadi kekasih Allah.

Pintu Ampunan dan rahmat

Allah SWT berpirman,
"katakanlah, wahai hamba-hambaku yang melampui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya, Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha penyayang. (Qs. Az-zumar:53)

Surah Az-Zumar adalah surat yang dibaca Rasullulah SAW. setiap malam. Aisah meriwayatkan bahwa beliau bersabda," Dunia dan seluruh isinya tidak lebih kuncintai dari pada ayat tersebut.
Dalam Islam, ada banyak cara menuju pintu ampunan Allah.Haji mabrur misalnya, akan mengeluarkan manusia dari kubangan lumpur dosa. Begitupun orang yang berpuasa di bulan Rahmadhan dengan sungguh-sungguh, akan diampuni seluruh dosa yang pernah Dia lakukan.

Ayat Az-Zumar diatas dimulai dengan penjelasan mengenai rahmat Allah yang luas serta ampunan-Nya yang tak terbatas. Kemudian dilanjutkan dengan panduan dalam memperolehnya.
" Dan kembalilah kamu kepada tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong(lagi)
(Qs. Az- Zumar:54)

Jadi, cara mendapatkan ampunan berikut rahamat tuhan adalah dengan tobat yang benar dan ikhlas; yaitu menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah. Inilah tingkatan tobat yang paling tinggi. Setelah melepaskan diri dari dosa dan nista. Ayat berikut menuntun langkah yang harus ditempuh selanjutnya.

Dan ikutilah sebaik-baik apa yang telah diturunkan kepada dari tuhanmu selum datang azab kepadamu dengan tiba-tiba, sedang kamu tidak menyadarinya (Qs.Az- Zumar:55)

Dan hal terbaik yang telah diturunkan Allah SWT kepada kita adalah Al-Quran. Kitab suci tersebut memberikan petunjuk kejalan yang lurus. Kitab suci tersebut mencakup seluruh isi kitap suci diturunkan sebelumnya, serta menjelaskan semua masalah yang dipermasalahkan ahli kitab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar