Rabu, 26 November 2014

Perbanyaklah Doa Saat Turun Hujan

Air adalah salah satu nikmat Allah yang sangat Agung, air menjadi sumber kehidupan manusia, hewan, tumbuhan. Semuanya tidak bisa lepas dari air, seperti  firman Allah;

"Dan dari air kami jadikan segalanya sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tidak juga beriman?"  (QS. AL-Anbiya:30)  

Allah telah menyediakan nikmat ini untuk mahluk-mahluknya di bumi,. Sumbernya ada yang keluar dari tanah,turun dari langit (hujan), atau mengalir dari sungai atau laut. 


"Air hujan yang turun dari langit ini adalah air yang penuh berkah,yakni banyak mengandung kebaikan.... "  


Air hujan adalah salah satu nikmat Allah yang sering disebutkan di dalam Al-Qur'an.

Allah mengabarkan, Dia menghidupkan yang mati dan kering melalui guyuran hujan. Airnya menghidupakan bumi dan menghijaukanya.

" Dan apa yang telah Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya, dan Dia sebarkan dimuka bumi segala jenis hewan (QS Al-Baqarah 164)  

Dengan sebab hujan Allah menumbuhkan tanam-tanaman, sebagai sumber makanan, " Dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dari hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu (Al_Baqarah 21).

Maka air hujan yang turun dari langit ini, adalah air yang penuh berkah. Yakni banyak mengandung kebaikan. Ia bisa mensucikan bumi dari kotorannya, membersihkan badan dari kotoran  debu dan najis. Ia adalah air suci dari secara dzat yang mensucikan yang lain.

Nabi Muhammad SAW, selalu berharap banyak kebaikan disaat Allah turunkan hujan.
 Saat hujan turun lebat, Beliau berdoa : 

" Ya Allah, jadikan hujan ini yang membawa mamfaat kebaikan. (HR. Al_Bukhari- dari hadist Aisyah       Radhiyallahu'anha).

Dari riwayat Muslim, dari Aisyah Radhiyallahu'anha "Dan apabila Alaihi Wasalam melihat hujan, beliau membaca : RAHMAH (ini adalah rahmat)- (HR Muslim).   

" .................. Hujan Adalah Rahmah ........... "  


Rasullulah SAW juga pernah menyibakkan bajunya agar tubuh beliau terkena air hujan, saat beliau ditanya tentangnya, Beliau menjawab ; 

"Karena sesungguhnya hujan ini baru saja Allah Ta'ala ciptakan"  (HR Muslim).

Hal ini, seperti dijelaskan Imam Nawawi, karena hujan adalah Rahmah, baru saja dicipatakan Allah Ta'alla, maka beliau meminta berkah melauinya. Caranya dengan membasahi sebagian badan beliau dengan air bekah ini.

Nabi juga mengajarkan untuk banyak memuji Allah saat hujan "Kami diberi hujan dengan karunia Allah dan Rahmat-Nya (Muttafaq' Allaih).

Selain itu beliau juga mengajarkan untuk berdo'a kepada Allah untuk meminta kebaikan kepada-Nya saat turun hujan, karena waktu itu termasuk waktu yang mustajab, maka diajurkan untuk kaum Muslim untuk memperbanyak do'a diwaktu itu. 


Rasullulah bersabda; 

" Carilah pengabulan do'a disaat bertemunya dua pasukan,pada saat iqamah shalat,dan saat turun hujan " (HR. Al-Hakim dalam al-mustadrak: 2/144 dan disahhikan olehnya)


Menurut Al- Munawi, tidak ditolaknya do'a saat turunnya hujan, atau jarang sekali ditolak karena saat itu adalah waktunya turunnya Rahmah.

(voa-islam.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar