Senin, 06 Januari 2014

Kembali Mengakrabkan Diri dengan Al-Qur'an Dan Sunah

Bila kita tiada mau mengakrabkan diri dengan Al-Qur'an dan sunah serta tidak mau berpedoman pada keduanya, boleh jadi kita bagaikan berjalan tanpa arah dan tujuan. Atau berjalan dalam kegelapan tanpa pelita.

Wahai saudaraku, kesusahan yang terjadi, permasalahan yang muncul, boleh jadi sebab kita berjalan tanpa aturan-aturan yang Allah sudahh gariskan di dalam Al-Qur'an dan sunah. Kita pun tiada berkenan sungguh-sunggguh mempelajari tuntunan Allah dan rasul-Nya ini. Maka jadilah kehidupan kita tiada memiliki pedoman , tiada memliki tuntunan. Kita hidup tanpa arah, kita berjalan tanpa tujuan. Seringkali kita sudah merasa hidup benar, ngak tahunya malah kebelingger. Kita merasa sudah hidup lurus, ngak taunya bengkok. Kita merasa sudah mendapatkan kebahagiaan, ngak taunya malah penderitaan  yang sedang kita tanam.
Bukan dunia yang kita dapatkan, melainkan neraka. Beginilah bila kita tiada mau hidup dibawah petunjuk Al-Qur'an dan sunnah, tersesat.

Sedangkan kesusahan,penderitaan,permasalahan, sekalipun itu terjadi, bagi manusia yang tunduk,taat,patuh kepada Allah, maka sesungguhnya ia tidak akan merasakan hal tersebut sebagai kesusahan,penderitaan, dan permasalahan. Semuanya bakal ia kembalikan kepada pemilik kehidupan ini. Ia percaya bahwa Allah selalu berkehendak yang terbaik untuk hamba-hamba-Nya. Ia  percaya bahwa Allah selalu memudahkan, bukan mempersulit. Dibalik setiap kejadian ,ia percaya , bahwa selalu ada masud Allah yang baik untuknya . Yang diperlukan hanyalah berbaik sangka kepada Allah, percaya, serta pasrah kepada-Nya.

Saya hendak mengajak kepada saudara semua untuk merenungi sedikit kehidupan yang sudah dilalui, terutama ketika kita bermasalah atau memiliki keinginan yang belum kesampaian. Sebab seringkali terjadi kita menyalahkan  orang lain( sebab dari luar diri), sebagai biang masalah kita, atau penyebab  keinginan kita menjadi belum tercapai. Jarang kita menggali penyebab masalah dari dalam diri kita sendiri.

Setelah mengoreksi kehidupan, satu hal  yang tidak kalah penting adalah berbaik sangka kepada Allah. Bukalah mata, niscaya kita akan mendapati bahwa rahmat Allah ada dikehidupan kita.


Semoga Allah mengampuni semua lelaku salah kita dimasa yang lampau. Semoga Dia berkenan melindungi kita dari keburukan jalan yang telah kita lalui, dan semoga Dia berkenan memberikan terus rahmat-Nya buat kita semua. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar